Manfaat Kartu Tani Yang Jarang Diketahui

Saat ini modernisasi dibidang pertanian terus mengalami inovasi yang kian atraktif. Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menciptakan berbagai kemudahan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya adalah diterbitkannya kartu tani. Kartu tani adalah sebuah terobosan untuk mempermudah akses petani. Manfaat Kartu Tani Yang Jarang Diketahui

Kartu Tani menjadi sarana akses layanan perbankan terintegrasi, yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). Keunggulan Kartu Tani, antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, multifungsi.

Selain itu, kartu tani juga memiliki banyak keunggulan dalam hal pelayanan dan kemudahan akses. Salah satunya, dalam hal layanan perbankan terintegrasi. Kartu tani bekerjasama dengan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara), yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, dan Bank Negara Indonesia. Kerjasama yang ditekan Bersama dengan Kementan itu dalam mulai dari pembuatan kartu tani sampai pada tahapan layanan dan kemudahan transaksi.

Dalam hal kemudahan akses bagi petani, Kartu tani menjadi media untuk penyaluran pupuk bersubsidi langsung dari pemerintah. Hal tersebut selanjutnya dapat mempermudah untuk mendeteksi kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia sendiri.

Manfaat Kartu Tani Yang Jarang Diketahui

Terkait mengenai penjualan hasil panen, petani juga dapat langsung menggunakan kartu tani untuk menjual hasil panen. Di sini para petani dapat dengan mudah melakukan penjualan secara langsung ke Bulog selaku off taker. Hasil panen nantinya akan di-input dan muncul besaran pembayaran di server Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SINPI). Hal tersebut dapat dilakukan dengan bermodalkan kartu tani.

Selain itu, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan. Hal ini ditandai dengan kemudahan pembayaran kredit usaha. Ketika petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dana yang dimiliki bisa digunakan untuk unit usaha lainnya. Dengan menggunakan Kartu Tani, para petani dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Kartu Tani ini pun digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha. Hal tersebut bisa jadi alternatif tersendiri dalam hal kemudahan usaha. Keunggulan tersebut secara tidak langsung dapat mengatasi problem pertanian subsisten. Dengan optimalisasi penggunaan kartu tani sebagai rekening khusus untuk petani dalam mengelola hasil taninya.

Related Article  Menanti Peran BULOG Ditengah Pandemi

Adapun keistemewaan lain dari kartu tani adalah pemerintah dalam hal ini Bulog dapat dengan mudah memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh, dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani. Begitupula dengan dinas pertanian, dengan sistem terintegrasi yang dimiliki dapat dengan mudah mengetahui produktivitas lahan suatu daerah.

Dari sekian banyak keunggulan dari Kartu Tani, maka dari itu Kartu Tani diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani Indonesia. Selain itu, tentunya dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh petani Indonesia khususnya. Manfaat Kartu Tani Yang Jarang Diketahui

Bagikan Artikel Ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bagian ini berisi iklan adsense: