Beras Impor Dicadangkan Sementara untuk Stabilitas Harga

Saat ini proses penugasan terhadap BULOG dipastikan berhasil selama ramadhan berlangsung. Setelah berhasil menjaga stabilitas harga dan pasokan beras selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, Perum BULOG juga memastikan mampu menjaga harga beras tetap stabil sampai dengan saat ini (pasca lebaran) dikarenakan BULOG berhasil mendapat tambahan stok dari hasil panen petani dalam negeri serta tambahan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari penugasan beras impor yang sudah diterima.

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG Awaludin Iqbal dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis (4/5/2023) menyampaikan bahwa seluruh jajaran BULOG di seluruh Indonesia sudah menyiapkan stok Cadangan Beras Pemerintah yang menjadi tanggung jawab BULOG untuk bisa selalu tersedia di masyarakat pasca libur lebaran ini. BULOG menjamin kebutuhan beras yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat dan senantiasa akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan dan stabilitas harga pangan tersebut

Saat ini jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang BULOG seluruh Indonesia sebanyak kurang lebih 350 ribu ton. Kemudian karena masih masuk masa panen maka angka stok tersebut masih akan terus meningkat karena BULOG masih terus menyerap hasil panen petani dan ditambah penugasan beras impor yang sudah mulai diterima di Gudang BULOG.

Sampai dengan saat ini BULOG sudah menyerap sebanyak 325 ribu ton beras hasil panen petani dalam negeri dan juga sudah masuk penugasan beras impor sebanyak 80 ribu ton serta beras impor dalam perjalanan sebanyak 270 ribu ton sehingga stok Cadangan Beras Pemerintah sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran dalam rangka stabilisasi harga beras.

Kebijakan Pemerintah untuk mengimpor beras melalui Perum BULOG semakin memperkuat stock Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan dipastikan memberikan dampak untuk menjaga stabilisasi harga beras. Dengan adanya impor beras dan pasokan CBP terpenuhi, maka berapapun permintaan pasar bisa dipenuhi sehingga harga beras di pasaran akan terkendali.

Related Article  Harga Kedelai Meroket, Apa Penyebabnya?

Awaludin Iqbal menambahkan bahwa BULOG akan melakasanakan penugasan yang diberikan oleh Pemerintah dengan maksimal. Kekuatan sarana infrastruktur yang dimiliki oleh BULOG ditambah dengan pengalaman menyalurkan berbagai bantuan sosial makan BULOG siap menjalankan penugasan yang diberikan.