KKP Buka Galeri Pasar Laut Indonesia

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kini telah menyiapkan galeri #PasarLautIndonesia. Program ini berada dibawah kontrol Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP). Pengembangan galeri ini merupakan bagian dari soft launching Pasar Laut Indonesia sekaligus bentuk dukungan KKP pada gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Peluncuran galeri pasar laut Indonesia meruapakn upaya mengenalkan produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan, seperti produk pangan, kecantikan, dan kerajinan tangan. Saat ini galeri tersebut disediakan di tiga lokasi pintu kedatangan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan rest area Tol Trans Jawa, tepatnya di KM 260 B Brebes dan 456 Salatiga. Dengan adanya galeri ini diharapkan dapat menambah geliat pengembangan produk UMKM yang saat ini tengah menghadapi tantangan dalam melakukan promosi.

Pengembangan galeri ini ditujukan agar pengunjung dapat menikmati produk olahan hasil perikanan seperti sereal ikan, abon ikan, abon rajungan, sambal ikan, mie ikan, kacang bandeng, fish skin, dan terasi. Selain itu tersedia juga beragam produk kecantikan seperti facial wash, face mask, shampoo, serum, garam spa, serta handycraft berbasis produk laut.

Tentunya upaya yang dilakukan KKP merupakan cara agar masyarakat selaku konsumen dapat mengenal produk perikanan termasuk upaya promosi produk menggunakan jejaring sosial media. Gerakan bangga buatan indonesia bisa menjadi penggerak ekonomi nasional dengan gerakan beli dan borong produk dapat menjadi penggerak tersendiri dalam upaya gotong royong dalam mengembangkan ekonomi  terutama UMKM. Selain itu gerakan membeli dan mencintai produk dalam negeri dapat menjadi bukti kebangaan terhadap produk karya anak bangsa.

Saat ini gerakan pasar laut digital terus berupaya berkembang dengan mengikuti trend perkembangan teknologi. Hal ini dapat mempermudah UMKM untuk kemudian bergabung dengan gerkan ini. Semua UMKM dapat langsung mengakses dengan mendaftar di #PasarLautIndonesia dengan mendaftar di website www.pasarlautindonesia.id. Website tersebut nantinya akan jadi media akses dan juga akan terkoneksi dengan Pameran Virtual #PasarLautIndonesia yang akan dilaksanakan pada bulan Juni dan November 2021 mendatang.

Related Article  Permintaan Jahe Melonjak Selama Pandemi

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono berharap agar pihaknya dapat saling menguatkan dan meningkatkan peranan UMKM sektor kelautan dan perikanan. Hal ini dapat dilakukan membangun rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan ke depan. Untuk itu, ia meminta semua pihak memegang prinsip-prinsip keberlanjutan dalam memanfaatkan sumber daya perikanan supaya ekosistem tetap lestari.

Adapun produk – produk perikanan dan kelautan yang ada di galeri Pasar Laut Indonesia Terminal 3 juga dapat dibeli secara online melalui aplikasi Travelin. Aplikasi Travelin yang dikembangkan oleh AP II ini menjadi media e-commerce yang dapat diunduh melalui Android maupun iOS. Hadirnya aplikasi ini diharap dapat memudahkan dan memberikan seamless journey experience bagi traveler, serta mendukung ekosistem transportasi dan pariwisata nasional.

Bagikan Artikel Ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bagian ini berisi iklan adsense: