Mekanisasi Jadi Fokus Kementan 2021

Arah dan kebijakan  Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 sebagaimana paparan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementan mengungkapkan upaya dan fokus Kementan pada tahun 2021 yang akan ditujukan pada mekanisasi pertanian dan pengembangan korporasi petani secara merata disemua provinsi yang ada di Indonesia. Mekanisasi Jadi Fokus Kementan 2021 

Upaya untuk meningkatkan kemandirian pangan merupakan pilar utama dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Langkah pemerintah dalam membangun pertanian moderna mengarah ke mekanisasi merupakan wujud komitmen untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern sebagai capaian utama dalam proses tahapan pembangunan pertanian tahun 2021.

Tentunya dengan penerapan mekanisasi pertanian secara signifikan disemua daerah, secara otomatis akan meningkatkan produktivitas pangan nasional dan juga akan secara bertahap mengoptimalkan sumber daya pertanian yang ada. Mentan mengungkapkan upaya pemanfaatan teknologi akan menunjang proses peningkatan kualitas dan juga kuantitas produksi ditingkat petani.

Penggunaan Drone Pada Budidaya Tanaman Padi

Langkah yang akan diambil selain penguatan mekanisasi pertanian adalah pengembangan korporasi petanoi. Korporasi petani dinilai sebagai langkah terobosan dalam peningkatan kesejahteraan petani khususnya terkait mengenai pendapatan petani.

Jika semua dapat ditata dengan baik, maka hasil pertanian akan dapat sepenuhnya dirasakan oleh petani, terutama disparitas harga yang sering dirasakan petani. Dengan adanya korporasi maka wujud petani mandiri yang bebas dari ketergantungan dapat sepenuhnya diatasi. Mentan mengungkapkan kehadiran korporasi petani akan meningkatkan level kesejahteraan petani dari tahun ke tahun.

Semua langkah terobosan ini diambil oleh Kementan didasarkan pada arahan Presiden Joko Widodo agar Indonesia bebas dari ketergantungan impor pangan. Meski di 2020 impor turun 10 %, namun Presiden menegaskan perlu langkah konkrit agar semua bisa segera terwujud. Saat ini ada program eksentifikasi yang berlangsung dibeberapa daerah diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian dalam negeri dan memenuhi kebutuhan nasional, misalnya program food estate yang kini sementara berjalan.

Related Article  Pengembangan Food Estate Jadi Prioritas

Saat ini fokus Kementan dalam menetapkan program didasarkan atas 5 platform utama, yaitu peningkatan produktivitas pangan nasional, diversifikasi pangan, modernisasi pertanian, menghidupkan kembali lumbing pangan yang ada didesa, dan program peningkatan ekspor hasil pertanian. Mekanisasi Jadi Fokus Kementan 2021 

Bagikan Artikel Ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

bagian ini berisi iklan adsense: