KKP Akan Terapkan Zero Waste Produk Olahan Perikanan

Penerapan konsep Zero Waste akan terus diterapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada produk pengolahan perikanan. Melalui konsep zero waste, semua bagian pada ikan dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis, seperti aneka ragam makanan hingga produk farmasi.

“Meminimalisir bagian terbuang, semua bagian ikan bisa dimanfaatkan untuk jadi produk,” ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo di Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2023.

Penerapan konsep nol limbah atau konsep zero waste merupakan salah satu bentuk praktik perikanan berkelanjutan. Untuk itu, KKP memanfaatkan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke-10 yang berlangsung November nanti, menjadi moment mengkampanyekan zero waste produk perikanan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Dwiyana mengatakan produk perikanan didorong menjadi sumber protein pilihan keluarga guna mendukung peningkatan konsumsi ikan. Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP menambahkan, sebagai negara yang dianugerahi struktur geografis yang didominasi lautan serta kekayaan rempah-rempah yang melimpah, menjadikan keragaman kuliner Indonesia sebagai potensi yang bisa diangkat.

Lebih jauh, Kepala Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP), Trisna Ningsih memaparkan tentang piramida atau tingkatan nilai produk perikanan, dimana semakin ke atas nilai produk yang dihasilkan semakin tinggi. Untuk tingkatan paling bawah pemanfaatan ikan hanya sebatas ikan mentah atau sebagai bahan baku saja. Kemudian ikan untuk pakan ternak dan diatasnya olahan tradisional seperti pengasinan, pengeringan, pemindangan dan pengasapan.

Tingkatan selanjutnya ikan sebagai pangan fungsional, suplemen kesehatan, kosmetik dan teratas untuk produk farmasi. Selain itu, Ning juga memberikan contoh konsep zero waste ikan, dimana tidak ada bagian tubuh ikan yang terbuang. Dimulai dari daging ikan selain jadi produk fillet, steak dan loin, bisa untuk produk fortifikasi hingga hidrolisat.

Related Article  Indonesia Peringkat Dua Eksportir Ikan Hias Terbesar Dunia

Tak hanya dagingnya, bahkan tulang dan kepala ikan pun masih bisa dimanfaatkan untuk camilan, sebagai bahan farmasi seperti kandrotin, serta bahan industri seperti gelatin dan lem. “Jeroannya juga, selain untuk pakan seperti tepung, silase, bisa juga dimanfaatkan untuk bahan farmasi,” terangnya.