MSC Indonesia Gandeng KKP Luncurkan Situs Regional

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) turut meluncurkan situs regional milik Marine Stewardship Council (MSC) Indonesia, www.msc.org/id dalam kegiatan “Rountable Discussion Seafood Berkelanjutan Indonesia” di Jakarta, Jumat.

Direktur Logistik KKP Berny Achmad Subki saat peluncuran menyebutkan bahwa pihaknya menyambut baik kerja sama yang selama ini telah terjalin antara KKP dengan MSC Indonesia.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berharap dengan berkembangnya program MSC di Indonesia kami tentu berharap dari sisi regulasi, regulator dan fasilitator juga bisa menciptakan peluang-peluang lain termasuk di dalam negeri

Direktur Logistik KKP berharap, kegiatan “Rountable Discussion Seafood Berkelanjutan Indonesia” pada peringatan Hari Laut Sedunia atau World Ocean Day dapat membidangi inovasi-inovasi mengenai kelangsungan produksi seafood dunia. Sehingga bisa di-follow up bersama dengan para mitra serta praktisi bisnis seafood yang by time line, ada roadmap dan target-target yang kita sepakati bersama. Kami dari KKP siap mendukung kegiatan positif bagi masyarakat.

Sementara, Direktur Program MSC Indonesia Hirmen Sofyanto di tempat yang sama menjelaskan bahwa MSC berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti industri, pemerintah, dan ritel, untuk bersama-sama mengelola laut serta sumber daya perikanan yang ada. Ia berharap, melalui langkah tersebut, kepastian kelangsungan konsumsi laut terus terjaga.

Peluncuran ini merupakan kontribusi MSC terhadap tujuan pembangunan Sustainable Deveopment Goals (SDGs). MSC telah berkontribusi banyak hal di dunia internasional karena, hampir 20 persen perikanan tangkap dunia sudah bersertifikat MSC.

MSC telah meluncurkan produk mencakup lebih dari 20 ribu produk dengan nilai lebih dari USD20 miliar. Kondisi itu menjadi sebuah gambaran bahwa tingkat permintaan terhadap produk-produk berekolabel sejenis MSC terus meningkat di masa mendatang.

Hal ini merupakan gambaran bahwa pasar dunia juga telah berkomitmen agar pasokan-pasokan yang masuk ke pasaran itu harus berekolabel, termasuk dari MSC. Hingga tahun 2023, Indonesia memiliki satu perikanan yang berhasil memenuhi standar keberlanjutan global MSC. Produk perikanan tersebut adalah tuna sirip kuning dan cakalang sebesar lebih dari 14.000 ton yang ditangkap di perairan timur Indonesia.

Related Article  Negara Merugi Akibat Harga Patokan Ikan 10 Tahun Terakhir Tak Berubah

Kerja keras nelayan bersama mitra patut untuk diapresiasi dan digaungkan di ranah nasional dan global agar lebih banyak perikanan yang bergabung dalam upaya menuju perikanan berkelanjutan di Indonesia.