Kementan Pastikan Program Terus Berjalan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menjalankan berbagai program yang telah dicanangkan hingga 2024 mendatang. Di antaranya program Kredit Usaha Rakyat atau KUR pertanian sebagai penguat modal usaha tani di seluruh Indonesia. Dari akses kredit tersebut diharapkan kesejahteraan dan produksi nasional mengalami peningkatan.

Diketahui, penyerapan KUR sektor pertanian tahun 2022 mencapai Rp 113,43 triliun atau 126,04 persen dari target penyerapan sebesar Rp 90 triliun. Dari angka sebanyak itu jumlah debitur mencapai 2,7 juta. Adapun tahun 2023 ini target penyerapan KUR sektor pertanian mencapai Rp 100 triliun.

Sampai dengan tanggal 10 Juni 2023 tercatat telah terserap sebesar Rp25,12 triliun atau 25,12 persen dengan debitur sebesar 532.321. Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Ali Jamil menjelaskan bahwa penyerapan KUR diharapkan mampu membangun dan memantapkan komitmen bersama antara Bank Himbara, Bank Daerah, BSIP, Gubernur dan Wali kota seluruh Indonesia untuk meningkatkan produksi.

“Setiap Gubernur berkomitmen menyerap KUR dan KUA ini sebesar Rp 100 miliar, dan setiap Bupati/Wali kota sebesar Rp 50 miliar. Melalui komitmen ini minimal akan terserap KUR sektor pertanian sebesar rp 30 triliun,” katanya.

Ali melaporkan, penyerapan Kredit pembelian Alsintan tahun 2023 mencapai Rp 9,5 miliar untuk pembelian alsintan sebanyak 22 unit. Antara lain untuk pembelian Combine Harvester dan TR 4.

“Selanjutnya untuk akselerasi implementasi penyerapan Kredit Usaha Alsintan akan dilakukan dengan mengoptimalkan brigade alsintan di seluruh Indonesia bekerja sama dengan Badan Standarisasi lnstrumen Pertanian (BSIP) melalui BPSIP di seluruh Indonesia yang menjadi komandannya,” jelasnya.

Sejauh ini penggunaan KUR sudah selaras dengan program yang dicanangkan pemerintah, seperti penanaman 1.000 hektare (ha) lahan pertanian terintegrasi di tiap daerah serta peningkatan produktivitas melalui benih unggul dan teknologi mekanisasi.

Related Article  Intensifikasi Lahan Sawah Solusi Atasi Krisis Pangan Pasca Pandemi

Mentan berharap kolaborasi yang kuat akan menjadi pemicu bagi jalannya program KUR secara merata di seluruh Indonesia. Termasuk membangun komitmen bersama Bank Himbara, Bank Daerah, BSIP, Gubernur dan Walikota seluruh Indonesia.

Selain KUR, berbagai program lainnya yang ada di Direktorat PKH, Tanaman Pangan, Perkebunan, SDM sampai penelitian juga terus berjalan dengan baik. Kementan berkomitmen akan memajukan sektor pertanian melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.