Kementan Upayakan Pangkas Distribusi Pangan demi Jaga Harga

Wakil Menteri Pertanian Sudaryono melakukan kunjungan ke Pasar Jaya Pasar Minggu, Jakarta, untuk mengecek ketersediaan dan harga pangan. Dalam kesempatan itu, Sudaryono juga berdialog dengan para pedagang tentang kebutuhan dan pendistribusian bahan-bahan pangan.

“Tugas utama Kementerian Pertanian (Kementan) adalah memangkas rantai distribusi yang panjang dari produsen ke pasar. Kami juga memonitor pergerakan stok pangan. Kami mencegah terjadinya kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga,” ucap Sudaryono melalui keterangan tertulis, Kamis (22/8).

Kelangkaan bahan pangan dan peningkatan harga, lanjutnya, menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Ia pun mengungkapkan bahwa salah satu penyebabnya adalah alur pendistribusian yang panjang dan perbedaan stok barang di setiap daerah.

“Kementerian Pertanian tidak hanya memproduksi, tetapi juga memastikan produksi dapat terdistribusi dengan baik dan memiliki kestabilan harga di masyarakat. Kelangkaan barang yang terjadi bukan karena ketidaktersediaan barang, tetapi juga karena perbedaan stok di setiap wilayah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi 2 Operasional PD Pasar Jaya Pasar Minggu Yohanes Daramunsidi menyampaikan kondisi fasilitas Pasar Minggu saat ini sudah dibuat menjadi lebih nyaman.

“Perlu kami sampaikan, saat ini Pasar Minggu telah dan terus melakukan perbaikan terutama dari sisi fasilitas agar aktivitas jual beli berjalan lebih nyaman,” imbuhnya.

Ia menambahkan kondisi harga bahan pangan saat ini di Pasar Minggu juga terbilang stabil, baik dari segi stok maupun harga.

“Seperti cabai misalnya, bulan lalu cukup tinggi, mencapai Rp80 ribu. Saat ini sudah mulai kembali normal di harga Rp40 ribu hingga Rp60 ribu tergantung jenis cabainya,” tandas Yohanes.

Dilansir dari Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) pada Kamis (22/8) pukul 9.30 WIB, harga rata-rata nasional untuk komoditas beras premium berada di level Rp15.680 per kilogram, beras medium berada di harga Rp13.670 per kilogram, bawang merah berada di harga Rp25.480 per kilogram dan bawang putih berada di harga Rp39.750 per kilogram.

Related Article  Anggaran Jumbo Kementan-Bapanas Untuk Makan Siang Gratis Prabowo

Sementara untuk harga cabai merah keriting berada di harga Rp43.260 per kilogram dan cabai rawit merah berada di harga Rp57.780 per kilogram.

Referensi :

https://mediaindonesia.com/ekonomi/694799/kementan-upayakan-pangkas-distribusi-pangan-demi-jaga-harga-