Mengenal Karakteristik Sapi Limosin

Daging khususnya daging sapi merupakan salah satu produk pangan andalan yang paling di butuhkan di negara kita. Dari tahun ketahun permintaan akan kebutuhan daging sangat banyak dan terus meningkat. Badan Pusat Statistik memprediksi konsumsi daging sapi dan kerbau di Indonesia pada 2020 sebesar 2,66 kg/kapita dengan total kebutuhan sebesar 717,15 ribu ton. Mengenal Karakteristik Sapi Limosin

Sementara itu produksi daging sapi dan kerbau diprediksi sebanyak 422,53 ribu ton, sehingga defisit 294,62 ribu ton. Hal tersebutlah yang menyebabkan seringkali kebutuhannya melebihi kapasitas yang menyebabkan pemerintah kita harus mendatangkan sapi dari negara luar.

Diantara sekian banyak jenis sapi potong yang ada sekarang ini, yang terbilang masih asing didengar diantaranya adalah sapi limosin ( limousin ). Jenis sapi ini juga memiliki banyak kelebihan, paling kentara ialah karena posturnya yang besar sehingga bobot dagingnya pun menjadi berkali-kali lipat beratnya.

Meski bukan sapi asli asal negara kita, namun keberadaannya kini mulai populer dan banyak di ternakan dikarenakan kelebihannya tadi. Asal sapi Limosin ini adalah dari negara Perancis. Sapi limousin beradaptasi dengan kondisi perbukitan lokal dari tanah asam dan granit yang mengalami mineralisasi lemah, dengan variasi suhu yang besar. Limosin merupakan salah satu jenis sapi yang mampu tumbuh dengan ukuran yang besar. Karateristik tubuhnya memiliki ukuran yang panjang, tinggi dan besar dan berbulu lebal berwarna kecoklatan.

Studi DNA telah mengidentifikasi hubungan genetik yang erat antara sapi Limousin dan breed sapi Eropa barat daya lainnya. Satu studi melaporkan kemungkinan asal umum atau aliran gen baru-baru ini antara breed sapi Limousin dan Charolais. sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa ada hubungan genetik yang lebih dekat antara Limousin, Gasconne, Aubrac, Bazadais, Salers, dan sapi Blonde d’Aquitaine.

Related Article  Pengembangan Ternak Sapi Unggul Kini Jadi Prioritas

Pada masa awal-awal pengembangan sapi limousin, sapi ini selain untuk diambil dagingnya, sapi ini dimanfaatkan sebagai hewan pekerja untuk aktivitas pertanian. Limousin pertama kali diekspor dari Perancis dalam jumlah yang signifikan pada 1960-an dan sekarang sudah tersebar di sekitar 70 negara.

Sapi Limousin termasuk breed sapi besar dan memiliki kerangka bertulang yang kuat. Betina Limousin dewasa memiliki berat rata-rata 650 kg dan jantan dewasa 1000 kg. Kepala kecil dan pendek dengan dahi lebar, dan leher pendek dengan moncong lebar. Konformasi badan kompak. Tinggi sapi bisa mencapai 1,5 meter dan panjang badan 1,75 – 1,95 meter.

Ternak sapi limosin memiliki keunggulan tersendiri daripada sapi biasa pada umumnya, karena pertumbuhan badannya yang sangat cepat. Di dalam dunia industri peternakan sapi Limosin diprediksi akan populer dan menjadi primadona baru. Sapi limosin mulai dilirik para peternak seperti halnya peternak sapi brahman dan sapi simental, karena sapi limosin sendiri memiliki pertumbuhan yang cepat dengan harga jual yang lumayan tinggi.

Warna bulu adalah emas-merah dan warna lebih terang di bawah perut, paha dalam, sekitar mata dan moncong, dan di sekitar anus dan ujung ekor. Kulit bebas dari pigmentasi. Betis dapat berwarna cokelat kuning muda atau cokelat melalui berbagai usia ke hitam pekat pada usia sepenuhnya matang. Limousin dengan genetika hitam menunjukkan variasi warna. Hewan hitam dewasa sering dapat menampilkan kulit hitam lengkap bercampur dengan rambut cokelat.

Tanduk berwarna kuning di pangkalan dan menggelap menuju ujung; mereka pada awalnya horisontal, kemudian melengkung ke depan dan ke atas. Ternak Limousin secara alami bertanduk, tetapi tanduknya telah dihilangkan melalui perkawinan silang.

Related Article  Belgian Blue Harapan Baru Capai Swasembada Daging Sapi

Fertilitasnya cukup tinggi (98%), mudah melahirkan (99%), mampu menyusui dan mengasuh anak dengan baik, serta pertumbuhannya cepat. Karena kelahiran yang mudah, anak yang dimilikinya pun kuat.

Umumnya para pelaku pembesaran sapi limosin ini menjualnya setelah memiliki berat 900 kg hingga 1 ton atau lebih. Semakin besar tubuh dari sapi ini akan memiliki harga jual yang lebih tinggi, kisarannya bisa lebih dari angka 50 juta untuk satu ekor sapi limosin dewasa.

Karena keistimewaannya ini, tidak sedikit para peternak yang ikut terjun mencoba perutungannya membesarkan bibit sapi limosin untuk di jual kembali saat mencapai dewasa. Bagaimana tidak tergiur, jika harga bibitnya yang memilki bandrol harga mulai sekitar 15 jutaan kemudian saat dewasa bisa ada yang laku terjual hingga puluhan juta bahkan ratusan juta.

Meski demikian, memelihara sapi limosin bukan perkara yangv begitu mudah untuk  sekedar membesarkan sapi yang memiliki berat luar biasa ini. Tentu saja sesuai bobotnya, pakan yang harus diberikan pun berkali-kali lipat lebih banyak.

Pakan alaminya terdiri dari rerumputan hijau dan dedaunan. Selain itu, dapat di berikan juga pakan berupa konsentrat yang ditambahkan berbagai vitamin dan nutrisi penting yang berguna untuk pertumbuhannya. Pakan seperti biji-bijian, bekatul, umbi-umbian juga seringkali di berikan sebagai makanan tambahan. Mengenal Karakteristik Sapi Limosin

Untuk menghasilkan sapi limosin yang berkualitas dengan berat yang maksimal, selain pemberian pakan dan perawatan yang benar, tidak kalah penting juga pemilihan bibit harus yang memiliki kualitas unggulan. Seperti dalam bentuk badan yang seimbang, leher kekar, tulang punggung yang sejajar, tidak cacat tulang dan lain sebagainya.

Referensi :

Peternakan Dalam Angka 2020; Badan Pusat Statistik (BPS)

pinterest.com (Foto)

Bagikan Artikel Ini

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Mengenal Karakteristik Sapi Limosin

  1. Good Morning

    EASE YOUR PAIN IN 10 MINUTES EFFORTLESSLY

    Be Free from Neck Pain
    Try NeckFlexer & Relieve Neck Pain Effortlessly In 10 Min!
    Save 50% OFF + FREE Worldwide Shipping

    Shop Now: neckflexer.online

    ✅ Designed By Doctor & Chiropractor
    ✅ Ergonomic Design – Fits Everyone
    ✅ Circulation To Head
    ✅ Stimulating Key Result Area

    Many Thanks,

    Beyond Your Logic | Tanilogic adalah Portal Artikel Terkini & Topik Aktual yang membahas seputar pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan dan isu lingkungan terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *